BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Prayitno (1995:11) mengemukakan bahwa kelompok pada dasarnya
didukung dan terbentuk melalui berkumpulnya sejumlah orang. Kumpulan-kumpulan
orang tersebut kemudian menjunjung suatu atau beberapa kualitas tertentu,
sehingga dengan demikian kumpulan tersebut menjadi sebuah kelompok.
Menurut Dewa Ketut Sukardi (2002 :48),bimbingan kelompok
yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara
bersama-sama memperoleh berbagai bahan dari nara sumber tertentu (terutama dari
pembimbing/ konselor) yang berguna untuk menunjang kehidupannya sehari-hari
baik individu maupun sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat serta
untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
Menurut W.S.Winkel dan M.M. Sri Hastuti. (2004:111).
Bimbingan kelompok dilakukan bilamana siswa yang dilayani lebih dari satu
orang. Bimbingan kelompok dapat terlaksana dengan berbagai cara, misalnya
dibentuk kelompok kecil dalam rangka layanan Konseling (konseling kelompok),
dibentuk kelompok diskusi, diberikan bimbingan karier kepada siswa-siswi yang
tergabung dalam satu kesatuan kelas di SMA. Dalam bimbingan kelompok merupakan
sarana untuk menunjang perkembangan optimal masing-masing siswa, yang
diharapkan dapat mengambil manfaat dari pengalaman pendidikan ini bagi dirinya
sendiri.
Dalam bimbingan kelompok terdapat karakteristik bimbingan
kelompok, manfaat bimbingan kelompok serta perbedaan perencanaan pelaksanaan
dengan sasaran bimbingan kelompok. Untuk lebih mengenal hal tersebut, maka
penulis tertarik untuk membahasnya dalam makalah ini dengan judul “ “
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, dapat di tentukan rumusan
masalahnya sebagai berikut :
1.
Apa yang dimaksud dengan
karakteristik bimbingan kelompok disekolah dan diluar sekolah?
2.
Apa saja manfaat dari bimbingan
kelompok?
3.
Apa saja perbedaan perencanaan
pelaksanaan dan sasaran bimbingan kelompok?
C.
Tujuan Penulisan
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah di atas, dapat
ditentukan tujuan penulisannya adalah untuk memenuhi salah satu tugas dari mata
kuliah bimbingan dan konseling serta membantu pembaca dalam mendapatkan
informasi seputar bimbingan kelompok
D.
Manfaat Penulis
Berdasarkan tujuan penulisan di atas dapat kita ketahui bahwa
manfaat penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui dan menggali lebih dalam
pengetahuan tentang Konsep dasar bimbingan kelompok. Serta bermanfaat bagi
kepentingan pembaca yang ingin mendapatkan informasi seputar Konsep dasar
bimbingan kelompok
E.
Metode Pembahasan
Metode pembahasan dari makalah ini adalah dengan menggunakan studi
literature serta dengan menggunakan sumber informasi primer yang diambil dari
buku-buku yang berkaitan dengan materi makalah
Metode penyampaian yang penulis gunakan yaitu metode deskriptif
yaitu dengan cara menceritakan dan menggambarkan serta menguraikan hal-hal
penting yang terkait dengan materi pembahasan makalah
berminat???
email to : jurnalisid57@gmail.com
or WA :083181076754
Tidak ada komentar:
Posting Komentar