Jumat, 16 Desember 2016

KARAKTERISTIK BK



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Prayitno (1995:11) mengemukakan bahwa kelompok pada dasarnya didukung dan terbentuk melalui berkumpulnya sejumlah orang. Kumpulan-kumpulan orang tersebut kemudian menjunjung suatu atau beberapa kualitas tertentu, sehingga dengan demikian kumpulan tersebut menjadi sebuah kelompok.
Menurut Dewa Ketut Sukardi (2002 :48),bimbingan kelompok yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama memperoleh berbagai bahan dari nara sumber tertentu (terutama dari pembimbing/ konselor) yang berguna untuk menunjang kehidupannya sehari-hari baik individu maupun sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat serta untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
Menurut W.S.Winkel dan M.M. Sri Hastuti. (2004:111). Bimbingan kelompok dilakukan bilamana siswa yang dilayani lebih dari satu orang. Bimbingan kelompok dapat terlaksana dengan berbagai cara, misalnya dibentuk kelompok kecil dalam rangka layanan Konseling (konseling kelompok), dibentuk kelompok diskusi, diberikan bimbingan karier kepada siswa-siswi yang tergabung dalam satu kesatuan kelas di SMA. Dalam bimbingan kelompok merupakan sarana untuk menunjang perkembangan optimal masing-masing siswa, yang diharapkan dapat mengambil manfaat dari pengalaman pendidikan ini bagi dirinya sendiri.
Dalam bimbingan kelompok terdapat karakteristik bimbingan kelompok, manfaat bimbingan kelompok serta perbedaan perencanaan pelaksanaan dengan sasaran bimbingan kelompok. Untuk lebih mengenal hal tersebut, maka penulis tertarik untuk membahasnya dalam makalah ini dengan judul “    






B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, dapat di tentukan rumusan masalahnya sebagai berikut :
1.      Apa yang dimaksud dengan karakteristik bimbingan kelompok disekolah dan diluar sekolah?
2.      Apa saja manfaat dari bimbingan kelompok?
3.      Apa saja perbedaan perencanaan pelaksanaan dan sasaran bimbingan kelompok?

C.    Tujuan Penulisan
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah di atas, dapat ditentukan tujuan penulisannya adalah untuk memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah bimbingan dan konseling serta membantu pembaca dalam mendapatkan informasi seputar bimbingan kelompok
D.    Manfaat Penulis
Berdasarkan tujuan penulisan di atas dapat kita ketahui bahwa manfaat penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui dan menggali lebih dalam pengetahuan tentang Konsep dasar bimbingan kelompok. Serta bermanfaat bagi kepentingan pembaca yang ingin mendapatkan informasi seputar Konsep dasar bimbingan kelompok

E.     Metode Pembahasan
Metode pembahasan dari makalah ini adalah dengan menggunakan studi literature serta dengan menggunakan sumber informasi primer yang diambil dari buku-buku yang berkaitan dengan materi makalah
Metode penyampaian yang penulis gunakan yaitu metode deskriptif yaitu dengan cara menceritakan dan menggambarkan serta menguraikan hal-hal penting yang terkait dengan materi pembahasan makalah

berminat???
email to : jurnalisid57@gmail.com
or WA :083181076754



Tidak ada komentar:

Posting Komentar