Jumat, 16 Desember 2016

PENGTEKLAB (PENYIMPANAN, PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN ALAT DAN BAHAN DALAM LABORATORIUM)



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Berbagai cara dilakukan oleh guru ataupun pihak sekolah untuk selalu meningkatkan serta mendukung proses belajar siswa yang lebih efektif dan efisien. Meskipun banyak faktor yang menentukan kualitas pendidikan atau proses belajar, salah satunya yang terkait dengan pusat sumber belajar, media belajar dan tempat belajar yang layak. Dalam proses pembelajaran terdapat beberapa mata pelajran di sekolah seperti IPA, IPS, Bahasa, dan Seni tidak lepas dari suatu kegiatan praktikum yang dapat dilakukan di luar  maupun di dalam ruangan. Suatu kegiatan praktikum khususnya untuk para pembelajar IPA sangat membutuhkan suatu ruang laboratorium sebagai wadah kegiatan eksperimen.
Banyak berbagai fasilitas yang dapat dijadikan sebagai pusat sumber belajar  salah satunya adalah laboratorium. Laboratorium sangat diperlukan sebagai sarana ataupun prasana oleh pihak sekolah sebagai tempat pembelajaran untuk siswa melakukan eksperimen, sehingga dapat meningkatkan pengetahuannya.. Laboratorium harus dilestarikan dan dikelola oleh pihak sekolah karena sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan ataupun proses belajar. Oleh karena itu untuk mengetahui lebih lanjut peran dan fungsi laboratorium maka dibuatlah makalah ini. Selain itu makalah ini dibuat sebagai salah satu penilaian pada mata kuliah Pengelolaan Laboratorium.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka dapat ditentukan rumusan masalah untuk makalah ini adalah :
1.      Apa yang dimaksud dengan organisasi
2.      Bagaimana pengelolaan disiplin laboratorium?
3.      Bagaimana pengadaan alat dan bahan laboratorium?
4.      Bagaimana manajemen laboratorium?
C.    Tujuan Penulisan
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah diatas, maka dapat kita ketahui bahwa tujuan  penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah Pengantar Teklab dan juga untuk:
1.      Memahami organisasi
2.      Pengelolaan disiplin
3.      Pengadaan alat dan bahan
4.      Manajemen laboratorium.


berminat???
email to : jurnalisid57@gmail.com
or WA :083181076754

Tidak ada komentar:

Posting Komentar