Jumat, 16 Desember 2016

Makalah kulit dan pengaturan suhu



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kulit adalah organ tubuh yang terletak paling luar dan membatasinya dari lingkungan hidup manusia. Kulit merupakan organ yang esensial dan vital serta merupakan cermin kesehatan dan kehidupan. Kulit juga sangat kompleks, elastis dan peka (Wasitaatmadja, 2002).
Luas kulit orang dewasa 2 m2 dengan berat kira-kira 16% berat badan. Kulit merupakan organ yang esensial dan vital vserta merupakan cermin kesehatan dan kehidupan. Kulit juga sangat kompleks, elastis dan sensitive, bervariasi pada keadaan iklim, umur, jenis kelamin, ras, dan juga bergantung pada lokasi tubuh. Kulit mempunyai berbagai fungsi seperti sebagai perlindung, termoregulator dan fungsi metabolik.
Fungsi utama dari kulit adalah sebagai pelindung tubuh atau protektor. Kulit merupakan benteng pertahanan pertama dari berbagai ancaman yang datang dari luar, seperti bakteri. Sel-sel langerhans yang terdapat dalam lapisan kulit epidermis kulit merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Kulit juga berfungsi sebagai sekresi. Minyak yang dihasilkan kelenjar minyak dikeluarkan melalui kulit. Kandungan urea hasil metabolisme tubuh sebagian dikeluarkan melalui kulit (yaitu dengan berkeringat). Fungsi sekresi ini berkaitan dengan fungsi kulit lainnya sebagai thermoregulator atau pengatur suhu tubuh, Dalam kulit juga terdapat syaraf-syaraf yang jika terstimulasi akan diteruskan ke otak sehingga dapat memberikan sensasi panas, dingin, tekanan, getaran, rasa sakit. Kulit juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan air dan lemak, sekaligus mensintesa vitamin D.
Kulit merupakan organ yang sangat penting dimana kulit juga berfungsi sebagai tempat pengeluaran (ekskresi) dalam bentuk keringat. Dari latar belakang diatas, maka penulis tertarik untuk membahas tentang kulit dalam makalah ini dengan judul KULIT DAN PENGATURAN SUHU





B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas maka penulis akan menentukan rumusan masalahnya sebagai berikut :
1.      Apa yang dimaksud dengan kulit?
2.      Bagaimana anatomi kulit ?
3.      Apa saja lapisan-lapisan kulit
4.      Terdiri dari apa saja Adneksa Kulit?
5.      Bagaimana cara Pengaturan Suhu?
6.      Apa saja Jenis – Jenis Penyakit  Pada Kulit?

C.    Tujuan Penulisan
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah diatas, maka tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah dan juga untuk membantu pembaca dalam mencari tambahan informasi mengenai Kulit Dan Pengaturan Suhu.

berminat???
email to : jurnalisid57@gmail.com 
or WA :083181076754

Tidak ada komentar:

Posting Komentar